Oleh: astwan | 24/01/2011

DESAIN STRUKTUR

Seringkali kita jumpai desain bangunan dengan posisi penempatan kolom dan balok yang tidak beraturan alias semrawut, biasanya pada desain-desain rumah tinggal bertingkat. Bila kita lihat dari segi teknik, hal ini sangat tidak layak, karena kebanyakan balok tidak langsung menumpu pada kolom tetapi menumpu pada balok lain. Pada kondisi ini akan banyak sekali timbul beban titik. Bayangkan saja, sebuah balok satu ujungnya menumpu pada kolom dan ujung lainya menumpu pada balok lain, sedangkan balok yang di bebani tersebut ternyata juga menumpu pada balok lain juga. Bukan hanya pemborosan yang timbul tapi juga perlemahan struktur yang timbul dimana-mana.

Pemodelan struktur dengan menempatkan kolom dan balok secara tepat sangatlah penting. Pada desain struktur yang lebih kompleks, selain model struktur, penentuan dimensi yang tepat juga sangat penting. Hanya dengan penentuan dimensi yang lebih tepat kita dapat menghemat tidak kurang dari 20%.

Dimensi yang relatif besar dari bagian sistem rangka yang meneruskan ke tanah (misalnya kolom) masih diijinkan dan dapat memberikan keuntungan secara struktural maupun arsitektural, sementara bagian sistem rangka yang membebani (seperti balok anak-balok yang menumpu pada balok lain) sebaiknya dihilangkan atau dibuat minim.

Beban paling kritis adalah beban yang melayang diatas plat dan balok anak. Sedapat mungkin hindari timbulnya beban titik pada sistem struktur yang ada. Balok yang lemah harus diimbangi dengan plat yang kuat, bahkan dimungkinkan model struktur tanpa balok. Beban dinding yang ditahan balok yang ditumpu kolom, terlebih yang menerus, relatif lebih stabil. Khusus untuk dinding yang menerus, beban dinding sebetulnya diteruskan ke tanah sehingga paling aman. Meskipun demikian, balok harus tetap didesain untuk kuat menahan beban dinding guna menjaga jika dinding bagian bawah hilang (dibongkar).

Mutu beton sangat berpengaruh pada tekan dan geser, sedangkan mutu baja (tulangan utama/lentur) sangat berpengaruh pada tarik dan lentur.

Desain tulangan pada struktur beton bertulang dibuat berdasarkan hasil perhitungan momen dan gaya-gaya yang bekerja. Besarnya momen yang timbul mempengaruhi kebutuhan tulangan lentur pada struktur beton. Gaya geser/lintang berhubungan dengan kebutuhan sengkang pada struktur beton beton bertulang. Gaya dalam puntir berhubungan dengan kebutuhan sengkang dan tulangan lentur samping pada struktur beton bertulang.

Kebutuhan tulangan berbanding terbalik dengan mutu tulangan dan tebal/tinggi efektif pelat/balok. Semakin bagus mutu tulangan semakin sedikit kebutuhan luasan tulangan. Begitu pula dengan semakin tinggi plat/balok akan semakin sedikit kebutuhan tulangannya. Dengan mutu beton dan tinggi efektif sama, tulangan U32 membutuhkan tulangan 33% lebih sedikit dari U24. Dengan mutu beton dan mutu baja yang sama, tinggi efektif 40 cm membutuhkan tulangan 50% lebih sedikit dari tinggi efektif 20%.

Dengan menghilangkan atau meminimkan balok anak, bukan hanya penghematan material beton yang kita dapat, tetapi juga penghematan material kayu bekisting dan memudahkan serta mempercepat pekerjaan. Dengan berkurangnya volume beton dan material kayu untuk bekisting otomatis akan menghemat biaya dan waktu.

Dengan memperbesar dimensi balok/kolom/plat kita dapat menghemat kebutuhan besi dan mempercepat pengerjaan pembesian. Memang dengan memperbesar dimensi,  volume beton juga akan bertambah, tetapi jika kita lihat dari segi biaya, dana yang kita keluarkan untuk penambahan volume beton tidak seberapa jika dibandingkan dengan penghematan dari besi tulangan yang kita dapat.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: