Oleh: astwan | 23/01/2011

Easymix untuk Beton Aspal

Techno Konstruksi – Kebutuhan aspal beton Ditjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum untuk pembangunan jalan-jalan nasional di Indonesia tahun ini mencapai 15 juta ton. Demikian disampaikan Direktur Bina Teknik Ditjen Bina Marga Departemen PU Danis Sumadilaga usai acara Workshop Campuran Aspal Panas dengan pihak Asosiasi Aspal Beton Indonesia (AABI) di Gedung Departemen PU Jakarta, Selasa (26/2).

Tantangan ini akan terjawab dengan Aspal Beton Easymix. Aspal Beton Campuran Dingin (Easymix) adalah campuran agregat kasar, agregat halus, dan bahan pengisi (Filler) dengan bahan pengikat aspal yang diproses dalam temperature rendah dengan komposisi yang diteliti dan diatur oleh spesifikasi teknis.

Aspal Beton Campuran Dingin (Easymix) secara luas dapat digunakan sebagai lapisan permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas sedang dan, ringan, dan juga sangat cocok untuk pekerjaan patching (tutup lobang), dalam kondisi segala macam cuaca.

Berdasarkan bahan yang digunakan dan kebutuhan desain konstruksi jalan Aspal Beton Campuran Dingin (Easymix) mempunyai beberapa jenis antara Lain: Type pertama Easymix (MC.800M), dengan komposisi gradasi aggregate (Open Graded),dan sangat cocok untuk pekerjaan Overlay dan Paching di daerah dengan suhu rendah atau dingin. Tebal penggelaran maxsimal 4 Cm digunakan sebagai lapis permukaan jalan dengan lalu lintas sedang. Type selanjutnya adalah Easymix (CMS.2M) dengan komposisi gradasi agregate (Open Graded) dan sangat cocok untuk pekerjaan Overlay dan Paching dengan tebal penggelaran maksimal 4 cm digunakan sebagai lapis permukaan konstruksi jalan.

Dan apa pula kelebihan Easymix yang satu ini: Sangat praktis untuk pemeliharaan jalan (patching) yang relative mudah dan ekonomis, Mempunyai sifat flexible sehingga mudah menyatu dengan eksisting jalan lama dan nyaman bagi pemakai jalan, Lapisan konstruksi Aspal beton tidak peka terhadap pengaruh air, (kedap air), Dapat langsung dilalui kendaraan setelah pelaksanaan penghamparan. Waktu pekerjaan yang relatif sangat cepat sehingga terciptanya efesiensi waktu, Tahan lama terhadap gesekan lalu lintas dan cuaca, Campuran tidal bergantung dengan suhu sehingga dapat disimpan sampai jangka waktu lama (1 bulan).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: