Oleh: astwan | 20/01/2011

Jembatan Sunda Bisa Kalahkan Golden Gate AS

Alasannya, jembatan ini dibandung dengan teknologi sudah canggih, dibanding Golden Gate.

VIVAnews – Pemerintah bermimpi Jembatan Selat Sunda (JSS) bisa menjadi ikon dan kebanggaan Indonesia. Keberadaan Jembatan yang menghubungkan Jawa-Sumatera ini bisa melebihi ikon Golden Gate Bridge di San Francisco, Amerika Serikat atau Sydney Harbour Bridge di Australia.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak meyakini JSS bisa menjadi kebanggaan karena dibangun pada masa kini. Beda dibanding kedua jembatan yang dibangun pada awal abad ke 19.

“Dunia saat ini sedang melihat ini, karena Jembatan Selat Sunda termasuk terpanjang di dunia, beda dengan Golden Gate Bridge dan Sydney Harbour Bridge,” kata Hermanto di Kantor Kementerian Keuangan, Jumat 26 November 2010.

Dunia juga memperhatikan JSS karena jembatan ini merupakan salah satu jembatan suspensi yang akan melewati palung dengan dalam 150 meter. “Sehingga kita harus yakin, JSS bisa dibangun dengan teknologi terkini,” katanya.

Hermanto menceritakan bahwa saat ini proses pembangunan Jembatan Selat Sundah tengah dalam tataran konsep apa yang harus diteliti dalam studi kelayakan. “Jembatan ini akan dibangun seperti apa?,” kata Hermanto. Konsep studi ini dijanjikan selesai tahun ini dan studi lapangan sesungguhnya mulai tahun depan.

Dalam penyusunan konsep ini pemerintah sedang membuat kriteria apa saja yang harus dilakukan di FS (feasibility sudti/studi kelayakan). Setelah itu konsep pra FS akan diberikan kepada konsorsium untuk melaksanakan.

Konsep pra FS, kata Hermanto, sedang dibahas oleh tim nasional dan sekretariat. Mereka adalah tim yang mengidentifikasi bagaimana jembatan akan dibangun, rute persisnya seperti apa, jarak ke Gunung Krakatau berapa jauh, dan melakukan semuanya dilakukan dengan simulasi.

“Diharapkan nanti BUMN dan BUMD juga menjadi mitra swasta dalam membangun jembatan ini,” kata Hermanto. Pemerintah berharap dana swasta adalah yang terbesar porsinya sedangkan pemerintah hanya memberikan dukungan.

Tak hanya ikon karena canggih dari sisi teknologi pembuatan, kata Hermanto, Jembatan Selat Sunda juga akan dibuat menarik. Salah satunya bagaimana ide memanfaatkan ombak serta tenaga angin dan panas matahari di Selat Sunda sebagai sumber energi terbarukan. Diharapkan energi terbaharukan itu bisa menjadi landmark khusus untuk membentuk kawasan mandiri energi.

“Kami harap pariwisata bisa tumbuh disana,” katanya. (hs)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: